Cara Guna Daun Gelenggang Untuk Gatal

Hammani Eiman

Cara Guna Daun Gelanggang Untuk Gatal

Cara Guna Daun Gelanggang Untuk Gatal – Daun gelanggang (Cratoxylum formosum) merupakan sejenis tumbuhan yang banyak tumbuh di Asia Tenggara. Tumbuhan ini memiliki berbagai macam khasiat, salah satunya adalah untuk mengobati gatal-gatal. Kandungan daun gelanggang yang kaya akan senyawa aktif membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk mengatasi masalah kulit yang seringkali menyebabkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kandungan Daun Gelanggang

Daun gelanggang mengandung berbagai macam senyawa aktif yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Berikut adalah beberapa senyawa aktif yang terdapat dalam daun gelanggang:

1. Saponin

Saponin adalah senyawa yang ditemukan pada berbagai jenis tumbuhan dan memiliki sifat antiinflamasi serta antibakteri. Senyawa ini dapat membantu meredakan peradangan pada kulit yang disebabkan oleh gatal-gatal.

2. Flavonoid

Flavonoid adalah senyawa yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Senyawa ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan juga meredakan peradangan pada kulit.

3. Alkaloid

Alkaloid adalah senyawa yang memiliki sifat analgesik atau penghilang rasa sakit. Senyawa ini dapat membantu mengurangi rasa gatal dan nyeri pada kulit yang terkena gatal-gatal.

4. Tanin

Tanin adalah senyawa yang memiliki sifat antiseptik dan astringent. Senyawa ini dapat membantu mengurangi risiko infeksi pada kulit yang terkena gatal-gatal serta mengecilkan pori-pori kulit sehingga mencegah masuknya kuman dan bakteri.

5. Glikosida

Glikosida adalah senyawa yang memiliki sifat antiinflamasi dan analgesik. Senyawa ini dapat membantu meredakan peradangan dan rasa sakit pada kulit yang terkena gatal-gatal.

6. Steroid

Steroid adalah senyawa yang memiliki sifat antiinflamasi dan imunosupresif. Senyawa ini dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan juga menekan sistem kekebalan tubuh yang berlebihan, yang seringkali menjadi penyebab gatal-gatal.

READ:  Cara Palang Dokumen

Khasiat Daun Gelanggang untuk Gatal

Daun gelanggang memiliki khasiat yang sangat baik untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit. Berikut adalah beberapa manfaat daun gelanggang untuk mengatasi gatal-gatal:

1. Antiinflamasi

Kandungan senyawa aktif dalam daun gelanggang seperti flavonoid, tanin, dan steroid memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada kulit yang disebabkan oleh gatal-gatal. Selain itu, daun gelanggang juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan pada kulit yang terkena gatal-gatal.

2. Analgesik

Kandungan alkaloid dan glikosida dalam daun gelanggang memiliki sifat analgesik yang dapat membantu mengurangi rasa sakit pada kulit yang terkena gatal-gatal. Hal ini sangat bermanfaat bagi mereka yang seringkali merasakan rasa gatal yang menyakitkan.

3. Antipruritik

Daun gelanggang juga memiliki khasiat sebagai antipruritik, yaitu dapat membantu mengurangi rasa gatal pada kulit. Kandungan senyawa aktif seperti saponin dan flavonoid dapat membantu menenangkan saraf-saraf pada kulit yang teriritasi akibat gatal-gatal.

4. Antibakteri

Kandungan tanin dan glikosida dalam daun gelanggang memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu melindungi kulit dari infeksi bakteri. Hal ini sangat penting untuk mencegah komplikasi yang lebih serius akibat gatal-gatal yang tidak diobati dengan baik.

5. Antifungi

Selain antibakteri, daun gelanggang juga memiliki khasiat sebagai antifungi atau dapat membunuh jamur. Kandungan senyawa aktif dalam daun gelanggang dapat membantu mengatasi masalah kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur seperti eksim dan psoriasis.

Cara Penggunaan Daun Gelanggang untuk Gatal

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menggunakan daun gelanggang sebagai obat untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit. Berikut adalah beberapa cara penggunaan daun gelanggang yang dapat Anda coba:

1. Secara Langsung

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan daun gelanggang secara langsung. Caranya adalah dengan mencuci daun gelanggang yang sudah dipetik dan diremas-remas hingga getahnya keluar. Kemudian, tempelkan daun gelanggang tersebut pada kulit yang gatal selama beberapa menit. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

READ:  Cara Palang Slip Gaji

2. Direbus

Daun gelanggang juga dapat direbus dengan air dan kemudian air rebusannya digunakan untuk mandi atau cuci muka. Caranya adalah dengan merebus sekitar 10 lembar daun gelanggang dengan 2 liter air hingga mendidih. Setelah itu, biarkan air rebusan dingin dan gunakan untuk mandi atau cuci muka. Air rebusan daun gelanggang ini dapat membantu meredakan gatal-gatal dan mengurangi peradangan pada kulit.

3. Dibuat Jus

Selain digunakan secara langsung atau direbus, daun gelanggang juga dapat dibuat jus dan diminum. Caranya adalah dengan mencuci daun gelanggang yang sudah dipetik dan kemudian dihaluskan. Tambahkan sedikit air dan perasan jeruk nipis untuk menghilangkan rasa pahit. Minum jus daun gelanggang ini secara teratur untuk membantu meredakan gatal-gatal dari dalam tubuh.

Penelitian tentang Khasiat Daun Gelanggang untuk Gatal

Tidak hanya digunakan secara tradisional, khasiat daun gelanggang untuk mengatasi gatal-gatal juga telah diteliti secara ilmiah. Berikut adalah beberapa penelitian yang telah dilakukan untuk membuktikan manfaat daun gelanggang bagi kesehatan kulit:

1. Penelitian oleh Universitas Gadjah Mada

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Gadjah Mada menunjukkan bahwa ekstrak daun gelanggang memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi. Hal ini dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan juga mencegah penuaan dini.

2. Penelitian oleh Universitas Padjadjaran

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Padjadjaran menunjukkan bahwa ekstrak daun gelanggang memiliki aktivitas antibakteri yang kuat terhadap bakteri Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Bakteri-bakteri tersebut seringkali menjadi penyebab infeksi pada kulit yang terkena gatal-gatal.

3. Penelitian oleh Universiti Kebangsaan Malaysia

Penelitian yang dilakukan oleh Universiti Kebangsaan Malaysia menunjukkan bahwa ekstrak daun gelanggang memiliki aktivitas antifungi yang kuat terhadap jamur Candida albicans. Jamur ini seringkali menjadi penyebab infeksi pada kulit yang disebabkan oleh gatal-gatal.

READ:  Tatacara Pengurusan Aset Alih Kerajaan

Efek Samping Penggunaan Daun Gelanggang untuk Gatal

Meskipun memiliki banyak khasiat dan telah diteliti secara ilmiah, penggunaan daun gelanggang untuk mengatasi gatal-gatal juga dapat menyebabkan efek samping jika tidak digunakan dengan benar. Beberapa efek samping yang mungkin terjadi adalah:

1. Reaksi alergi

Beberapa orang mungkin memiliki alergi terhadap daun gelanggang, terutama jika digunakan secara langsung pada kulit yang sensitif. Jika Anda mengalami reaksi alergi seperti ruam, gatal-gatal, atau bengkak setelah menggunakan daun gelanggang, segera hentikan penggunaannya dan konsultasikan dengan dokter.

2. Kulit kering

Penggunaan daun gelanggang secara berlebihan atau tidak sesuai dosis dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Hal ini dapat membuat masalah gatal-gatal semakin parah. Pastikan untuk selalu mengikuti instruksi penggunaan yang benar dan tidak menggunakan daun gelanggang secara berlebihan.

3. Interaksi obat

Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, ada kemungkinan bahwa daun gelanggang dapat berinteraksi dengan obat tersebut. Sebelum menggunakan daun gelanggang sebagai obat untuk mengatasi gatal-gatal, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Kesimpulan

Daun gelanggang merupakan tumbuhan yang memiliki banyak khasiat, salah satunya adalah untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit. Kandungan senyawa aktif dalam daun gelanggang seperti saponin, flavonoid, dan alkaloid memiliki sifat antiinflamasi, analgesik, dan antipruritik yang sangat baik untuk meredakan gatal-gatal. Namun, penggunaan daun gelanggang juga dapat menyebabkan efek samping jika tidak digunakan dengan benar.

Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mengikuti instruksi penggunaan yang benar dan berkonsultasi dengan dokter jika Anda mengalami masalah kulit yang serius. Terimakasih telah kunjungi semuang.com!

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Leave a Comment