Beza Beras Cap Rambutan Biru dan Hijau

Hammani Eiman

Beza Beras Cap Rambutan dan Cap Hijau

Beza Beras Cap Rambutan dan Cap Hijau – Beras merupakan makanan pokok bagi masyarakat Asia, termasuk di Malaysia. Terdapat banyak jenis beras yang tersedia di pasaran, namun dua di antaranya yang paling populer adalah beras cap rambutan dan cap hijau. Keduanya sama-sama merupakan beras putih, namun memiliki beberapa perbezaan yang signifikan. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail mengenai perbezaan antara kedua jenis beras ini.

Adapun berikut Beza Beras Cap Rambutan dan Cap Hijau :

1. Harga

Perbezaan yang paling mencolok antara beras cap rambutan dan cap hijau adalah harganya. Beras cap rambutan umumnya lebih mahal daripada beras cap hijau. Hal ini karena beras cap rambutan merupakan beras berkualitas tinggi yang ditanam di daerah tertentu dengan kondisi tanah dan iklim yang ideal. Selain itu, proses pengolahan beras cap rambutan juga lebih rumit dan membutuhkan biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan beras cap hijau.

Namun, harga yang lebih tinggi ini sebanding dengan kualitas dan nutrisi yang lebih baik dari beras cap rambutan. Jadi, jika Anda mencari beras yang berkualitas tinggi dan siap untuk mengeluarkan sedikit lebih banyak uang, beras cap rambutan bisa menjadi pilihan yang tepat.

1.1 Harga beras cap rambutan

Menurut data dari Kementerian Pertanian dan Industri Asas Tani Malaysia, harga beras cap rambutan pada bulan Juli 2021 adalah RM 3.50 per kg. Namun, harga ini dapat berbeza-beza tergantung pada lokasi dan penjualnya.

1.2 Harga beras cap hijau

Sementara itu, harga beras cap hijau pada bulan yang sama adalah RM 2.80 per kg. Harga ini lebih murah daripada beras cap rambutan, namun masih termasuk dalam kategori harga yang wajar untuk beras berkualitas baik.

READ:  Perbezaan Waktu Malaysia dan Amerika Syarikat

2. Bentuk dan Ukuran

Perbezaan lainnya antara beras cap rambutan dan cap hijau adalah bentuk dan ukurannya. Beras cap rambutan memiliki bentuk yang lebih panjang dan ramping daripada beras cap hijau. Selain itu, beras cap rambutan juga lebih bening dan memiliki sedikit warna kemerahan. Hal ini disebabkan oleh proses pengolahan yang lebih teliti dan cermat untuk memastikan kualitas beras yang lebih baik.

Di sisi lain, beras cap hijau memiliki bentuk yang lebih pendek dan bulat, serta berwarna putih susu. Meskipun begitu, bentuk dan ukuran beras tidak mempengaruhi kualitas dan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

2.1 Bentuk dan ukuran beras cap rambutan

Beras cap rambutan memiliki panjang sekitar 6-7 mm dan lebar sekitar 2-3 mm. Bentuknya yang ramping membuatnya lebih mudah untuk dimasak dan memberikan tekstur yang lebih lembut.

2.2 Bentuk dan ukuran beras cap hijau

Beras cap hijau memiliki panjang sekitar 5-6 mm dan lebar sekitar 2-3 mm. Meskipun lebih pendek daripada beras cap rambutan, bentuknya yang bulat tetap memberikan tekstur yang enak saat dimasak.

3. Tekstur dan Rasa

Tekstur dan rasa adalah faktor penting dalam menentukan kualitas beras. Beras cap rambutan memiliki tekstur yang lebih lembut dan pulen daripada beras cap hijau. Hal ini karena beras cap rambutan mengandung lebih banyak pati. Pati inilah yang membuat beras menjadi lebih lembut saat dimasak.

Selain itu, rasa beras cap rambutan juga lebih gurih dan manis. Ini disebabkan oleh kandungan gula alami yang terdapat di dalam beras tersebut. Rasanya yang lebih manis membuat beras cap rambutan cocok untuk dijadikan nasi putih atau untuk membuat kue-kue tradisional.

READ:  Perbezaan NVX V1 dan V2

Sementara itu, beras cap hijau memiliki tekstur yang lebih keras dan pera. Hal ini disebabkan oleh kandungan pati yang lebih sedikit dibandingkan dengan beras cap rambutan. Rasanya pun lebih hambar, sehingga seringkali perlu ditambahkan bumbu atau lauk-pauk untuk memberikan rasa yang lebih nikmat.

3.1 Tekstur beras cap rambutan

Beras cap rambutan memiliki tekstur yang lembut dan pulen saat dimasak. Teksturnya yang lembut membuatnya cocok untuk dijadikan nasi putih atau untuk membuat bubur.

3.2 Tekstur beras cap hijau

Beras cap hijau memiliki tekstur yang lebih keras dan pera. Teksturnya yang seperti ini membuatnya cocok untuk dijadikan nasi goreng atau untuk membuat kue-kue yang memerlukan tekstur yang lebih padat.

4. Kandungan Nutrisi

Selain harga, bentuk, dan rasa, faktor lain yang perlu diperhatikan dalam memilih beras adalah kandungan nutrisinya. Beras merupakan sumber karbohidrat yang penting bagi tubuh, namun tidak semua beras memiliki kandungan nutrisi yang sama. Berikut adalah perbandingan kandungan nutrisi antara beras cap rambutan dan cap hijau.

NutrisiBeras Cap Rambutan (per 100 gram)Beras Cap Hijau (per 100 gram)
Kalori362 kcal360 kcal
Karbohidrat79 g80 g
Protein7 g6 g
Lemak1 g1 g
Serat2 g3 g
Kalsium10 mg9 mg
Zat Besi1 mg1 mg
Vitamin B0.3 mg0.2 mg

Dari tabel di atas, dapat dilihat bahwa beras cap rambutan memiliki kandungan nutrisi yang sedikit lebih tinggi daripada beras cap hijau. Hal ini disebabkan oleh proses pengolahan yang lebih teliti dan pemilihan beras yang berkualitas tinggi untuk dijadikan beras cap rambutan. Dah tau ke Beza Beras Cap Rambutan dan Cap Hijau?

4.1 Kandungan nutrisi beras cap rambutan

Beras cap rambutan mengandung lebih banyak karbohidrat, protein, dan serat daripada beras cap hijau. Selain itu, kandungan vitamin B di dalamnya juga sedikit lebih tinggi.

READ:  Perbezaan Air Mani dan Mazi Bagi Perempuan

4.2 Kandungan nutrisi beras cap hijau

Meskipun memiliki kandungan nutrisi yang sedikit lebih rendah, beras cap hijau tetap merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh. Selain itu, kandungan serat yang lebih tinggi dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa beras cap rambutan dan cap hijau memiliki perbezaan yang signifikan dalam hal harga, bentuk dan ukuran, tekstur dan rasa, serta kandungan nutrisi. Beras cap rambutan merupakan pilihan yang lebih baik jika Anda mencari beras berkualitas tinggi dengan harga yang sedikit lebih mahal. Namun, jika Anda mencari beras yang lebih terjangkau namun tetap memiliki kualitas yang baik, beras cap hijau bisa menjadi alternatif yang baik.

Jadi, sekarang Anda sudah mengetahui perbezaan antara kedua jenis beras ini. Pilihlah beras yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Tetaplah memperhatikan kualitas dan nutrisi dari beras yang Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat memilih beras yang tepat!

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Leave a Comment