Beza Cuti AM dan Cuti Umum

Hammani Eiman

Beza Cuti AM dan Cuti Umum

Beza Cuti AM dan Cuti Umum – Cuti adalah waktu rehat dari kerja atau sekolah. Umumnya, cuti diambil untuk beristirahat, bepergian, atau menghadiri acara-acara tertentu. Di Malaysia, terdapat dua jenis cuti utama, yaitu cuti am dan cuti umum. Namun, apakah perbedaan antara kedua jenis cuti ini? Mari kita bahas lebih lanjut.

Beza Cuti AM dan Cuti Umum PDF

Untuk memahami perbedaan antara cuti am dan cuti umum, pertama-tama kita perlu mengetahui definisi dan pengertian dari kedua jenis cuti ini. Berikut adalah penjelasan singkat tentang cuti am dan cuti umum:

  • Cuti Am: Cuti yang diberikan kepada semua pegawai negeri sipil (PNS) dan karyawan swasta pada hari-hari besar nasional atau hari-hari tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah.
  • Cuti Umum: Cuti yang diberikan kepada seluruh rakyat Malaysia pada hari-hari penting seperti Hari Kemerdekaan, Hari Raya Aidilfitri, dan Hari Natal.

Sekarang, mari kita lihat lebih detail perbedaan antara kedua jenis cuti ini.

Beza Hari Kelepasan Am dan Cuti Umum

Salah satu perbedaan utama antara cuti am dan cuti umum adalah pada hari kelepasan yang diberikan. Cuti am biasanya diberikan pada hari-hari besar nasional seperti Hari Kemerdekaan, Hari Raya Aidilfitri, dan Hari Natal. Sedangkan cuti umum diberikan pada hari-hari penting seperti Hari Kemerdekaan, Hari Raya Aidilfitri, dan Hari Natal.

Namun, terdapat juga perbedaan dalam jumlah hari kelepasan yang diberikan. Cuti am biasanya hanya diberikan satu hari, sedangkan cuti umum dapat diberikan lebih dari satu hari. Sebagai contoh, pada tahun 2020, pemerintah memberikan cuti umum selama tiga hari pada Hari Raya Aidilfitri.

READ:  Perbezaan Sunscreen dan Sunblock

Beza Kelepasan Am dan Cuti Umum

Selain perbedaan pada hari kelepasan, terdapat juga perbedaan pada siapa yang berhak mendapatkan cuti tersebut. Cuti am diberikan kepada semua PNS dan karyawan swasta, sedangkan cuti umum diberikan kepada seluruh rakyat Malaysia.

Namun, terdapat juga perbedaan dalam pengajuan cuti. PNS dan karyawan swasta yang ingin mengambil cuti am harus mengajukan permohonan kepada atasannya. Sedangkan untuk cuti umum, tidak perlu mengajukan permohonan karena cuti ini sudah ditetapkan oleh pemerintah dan berlaku untuk seluruh rakyat Malaysia.

Beza Cuti AM dan Cuti Umum

Setelah mengetahui perbedaan antara cuti am dan cuti umum, sekarang mari kita lihat lebih detail tentang kedua jenis cuti ini.

Jenis-Jenis Cuti AM

Cuti am terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

  • Cuti Am Bersama: Cuti am bersama adalah cuti yang diberikan kepada semua PNS dan karyawan swasta pada hari yang sama. Cuti am bersama biasanya diberikan pada hari-hari besar nasional seperti Hari Kemerdekaan, Hari Raya Aidilfitri, dan Hari Natal.
  • Cuti Am Pengganti: Cuti am pengganti adalah cuti yang diberikan kepada PNS dan karyawan swasta yang tidak dapat mengambil cuti am bersama. Misalnya, jika seorang karyawan sedang sakit atau sedang dalam masa cuti, maka ia berhak mendapatkan cuti am pengganti untuk menggantikan cuti am bersama yang telah ia lewatkan.

 

Berapa Lama Cuti AM?

Lama cuti am yang diberikan biasanya satu hari. Namun, pemerintah dapat memberikan cuti am lebih dari satu hari pada hari-hari besar tertentu. Misalnya, pada tahun 2020, pemerintah memberikan cuti am selama tiga hari pada Hari Raya Aidilfitri.

Namun, terdapat juga perbedaan dalam lama cuti am yang diberikan kepada PNS dan karyawan swasta. Menurut Surat Pekeliling Perkhidmatan Bilangan 1 Tahun 2018, PNS akan mendapatkan tambahan satu hari cuti am setiap tahun setelah bekerja selama 10 tahun. Sedangkan karyawan swasta biasanya mendapatkan cuti am sesuai dengan kebijakan perusahaan tempat mereka bekerja.

READ:  Perbezaan Introvert dan Extrovert

Bagaimana Cara Mengajukan Cuti AM?

PNS dan karyawan swasta yang ingin mengambil cuti am harus mengajukan permohonan kepada atasannya. Permohonan ini biasanya diajukan melalui sistem pengajuan cuti yang telah ditetapkan oleh perusahaan atau instansi tempat mereka bekerja.

Permohonan cuti am harus diajukan sebelum hari kelepasan yang diinginkan, dan atasannya akan menyetujui atau menolak permohonan tersebut. Jika permohonan disetujui, maka karyawan tersebut berhak mendapatkan cuti am sesuai dengan yang diajukan. Namun, jika permohonan ditolak, maka karyawan tersebut harus tetap masuk kerja pada hari tersebut.

Beza Cuti Umum dan Cuti Am

Setelah mengetahui perbedaan antara cuti am dan cuti umum, sekarang mari kita lihat bagaimana kedua jenis cuti ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.

Manfaat Cuti Umum

Cuti umum memberikan kesempatan bagi seluruh rakyat Malaysia untuk merayakan hari-hari penting bersama keluarga dan teman-teman. Selain itu, cuti umum juga dapat meningkatkan semangat nasionalisme dan persatuan di antara rakyat Malaysia.

Selain itu, cuti umum juga memberikan waktu yang cukup bagi masyarakat untuk beristirahat dan mengisi ulang energi setelah bekerja keras. Dengan demikian, cuti umum dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Manfaat Cuti AM

Cuti am memberikan kesempatan bagi PNS dan karyawan swasta untuk beristirahat dan menghabiskan waktu bersama keluarga serta melakukan aktivitas yang menyenangkan. Hal ini dapat membantu meningkatkan keseimbangan antara kehidupan kerja dan kehidupan pribadi, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan individu.

Selain itu, cuti am juga dapat memberikan kesempatan bagi PNS dan karyawan swasta untuk melakukan perjalanan atau liburan. Hal ini dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan pengalaman serta mengurangi stres yang disebabkan oleh rutinitas kerja yang monoton.

READ:  Perbezaan Warna Beret Askar

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa perbedaan antara cuti am dan cuti umum. Cuti am diberikan kepada semua PNS dan karyawan swasta pada hari-hari besar nasional atau hari-hari tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah, sedangkan cuti umum diberikan kepada seluruh rakyat Malaysia pada hari-hari penting seperti Hari Kemerdekaan, Hari Raya Aidilfitri, dan Hari Natal.

Perbedaan lainnya adalah pada siapa yang berhak mendapatkan cuti tersebut dan bagaimana cara mengajukan cuti. Namun, kedua jenis cuti ini memiliki manfaat yang penting bagi masyarakat, seperti meningkatkan semangat nasionalisme, kesejahteraan, dan keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadi.

Jadi, apakah Anda lebih suka cuti am atau cuti umum? Apapun pilihannya, pastikan Anda memanfaatkannya dengan baik untuk merayakan dan bersantai bersama orang-orang terkasih. Selamat menikmati waktu rehat Anda dari semuang.com!

Baca Juga

Bagikan:

Tags

Leave a Comment